Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Tentang Seragam Sekolah di Jepang

Fakta seragam sekolah di Jepang-Bagi kamu yang maniak maupun tidak dengan film Jepang pastinya sudah terbayang tentang bentuk seragam Negeri Sakura ini. Seragam sekolah wanita di Jepang begitu erat dengan pakaian sailor yang lucu dan imut. Ternyata dibalik keunikannya terdapat sejarah dan fakta seragam sekolah di Jepang yang menarik. Ingin tahu fakta seragam sekolah di Jepang tersebut, baca tulisan ini saja hingga usai.


 Fakta Unik Tentang Seragam Sekolah di Jepang


Fakta seragam sekolah di Jepang dari segi sejarah

Seiuku atau seragam sekolah telah ada di jepang tidak kurang dari seratus tahun yang lalu pada masa Meiji. Mulanya seragam sekolah tersebut merupakan perpaduan antara kimono formal, hakama dan kemeja untuk meningkatkan wibawa para murid. Seiring waktu berjalan dunia barat ternyata mempengaruhi bentuk seragam sekolah di Jepang yang mengikuti perkembangan mode. Fakta seragam sekolah di Jepang yang dulunya hakama berubah menjadi jas gakuran dengan celana panjang warna buru tua atau hitam. Jas Gakuran terinspirasi dari seragam militer dengan kancing logam hingga bagian leher dan memiliki kerah tinggi.

Fakta seragam sekolah di Jepang Sailor Girl

    Seragam sekolah yang juga terkenal di Jepang adalah Sailor Girl yang khusus untuk pelajar wanita. Dahulu di kota Fukouka pada tahun 1920 merupakan permukaan seragam ini digunakan dan hingga kini masih bisa kita temukan pada anime maupun manga karena modelnya yang unik.
    Fakta seragam sekolah di Jepang model Sailor girl ini berbentuk segitiga pada bagian scraft, rok pendek dan kelepak di bagian punggung. Seragam sekolah tersebut terinspirasi dari seragam yang digunakan para angkatan laut Inggris.

Fakta seragam sekolah di Jepang model rok mini untuk para siswi

    Fakta seragam sekolah di Jepang dengan model seragam rok mini untuk para siswi ini memiliki sejarah tersendiri. Pada jaman dahulu kimono merupakan seragam anak-anak putri di Jepang untuk bersekolah sehingga membuat mereka kurang leluasa untuk beraktifitas terlebih saat pelajaran olahraga. Setelah itu Ibu Elizabeth Lee seorang kepala sekolah Fukuoka jo Gakuin yang terbersit model seragam Sailor atau pelaut yang dulu dikenakannya di Inggris.
    Kemudian pada tahun 1918 beliau meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan baju atasan untuk siswi, namun karena rok mereka masih berbentuk lurus panjang masih menghambat aktifitas anak-anak. Sang kepala sekolah kemudian kembali menemui sang penjahit dan meminta supaya membuat rok yang membuat para siswi lebih leluasa dalam bergerak.
Sang penjahit kemudian memperoleh ide membuat rok repel seusai menyaksikan gorden yang terkena air namun dapat kembali seperti semula. Setelah beberapa waktu Jepang menerapkan peraturan kepada para siswinya dengan mewajibkan siswinya menggunakan rok pendek dengan tinggi 17 hingga 22 cm diatas lutut untuk memudahkan aktifitas mereka saat bergerak.
    Untuk kamu yang gemar dengan kebudayaan Negeri Sakura wajib tahu fakta seragam sekolah di Jepang yang cukup unik tersebut.

Posting Komentar untuk "Fakta Unik Tentang Seragam Sekolah di Jepang"