Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin tahu bagaimana cara orang Jepang menabung ?

Jepang adalah negara yang sangat menyukai kebiasaan menabung, hal ini juga yang membuat negara yang terkenal dengan bunga Sakura tersebut menepati urutan kedua nilai tabungan tertinggi setelah Italia. Banyak sekali metode-metode cara orang Jepang menabung yang digunakan, dan salah satunya menggunakan celengan, maka tak heran jika banyak jenis kerajinan celangan yang ada diJepang. Cara orang Jepang menabung lainya tentu menggunakan layanan bank.


 Ingin tahu bagaimana cara orang Jepang menabung ?


Alasan Menabung Menjadi Kebiasaan Orang Jepang

    Kebiasaan orang Jepang menabung ini juga memiliki dampak yang cukup besar bagi negara tersebut. hal ini bisa kita lihat pada saat terjadinya krisis global, negara Jepang sama sekali tidak terpengaruh akan hal tersebut. hal ini tentu karena kebiasaan gemar menabung yang dilakukannya sehingga negara tersebut memiliki  cadangan uang yang sangat besar. Lalu seperti apa cara orang Jepang menabung sehingga bisa membuatnya seperti itu?
    Salah satu hal yang sangat disukai orang Jepang adalah melakukan sesuatu dengan efisien, hemat, dan bermanfaat. Tidak hanya soal uang saja, mereka akan melakukan hal apapun dengan efisien seperti penggunaan waktu dan tenaga.
    Saat mereka bekerja mereka akan memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Menyia-nyiakan waktu adalah hal yang sangat mereka hindari. Maka tak heran anda akan kesulitan menemukan orang ngobrol pada saat sedang jam kerja. Sedangkan pada saat dalam perjalanan menuju tempat bekerja mereka lebih menyukai aktivitas membaca, inilah yang dinamakan efisien, tidak ada waktu yang dibuang untuk melakukan hal tidak bermanfaat.
    Dengan penggunaan waktu demikian bisa membuatnya lebih produktif, berkualitas, dan dengan cepat. Dengan banyak jumlah produksi yang sangup ia proses maka akan semakin besar keuntungan yang mereka peroleh.
    Meski pendapatan orang Jepang besar, namun jumlah pengeluaran yang ada dinegara tersebut juga sangatlah besar. Anda bisa melihat harga secangkir kopi dinegara tersebut yang mencapai US$20, meski demikian mereka masih bisa melakukan kebiasaanya untuk mebung, cara orang Jepang menabung memang sangatlah jenius.
    Mereka akan mengeluarkan uang yang ia dapatkan hanya untuk kebutuhan yang benar-benar pokok, dan sisanya akan mereka tabung. Dari dulu negara Jepang memang dikenal sebagai negara yang menyukai tradisi menabung. Hal ini karena negara Jepang sering dilanda gempa, sehingga mereka harus siap dengan segala kemungkinan yang ada.

Perbedaan Budaya Menabung Jepang dengan Barat

    Budaya orang Jepang menabung memang berbeda jauh dengan kaum barat yang justru bertingkah sebaliknya. Bangsa barat cenderung membelajakan uang mereka untuk hal-hal yang sebenarnya bukanlah sebuah kebutuhan pokok.
    Budaya orang Jepang menabung juga membuat mereka tidak menyukai segala bentuk piutang. Bagi masyarakat Jepang, berhutang akan mencoreng harga dirinya, berbeda dengan orang barat yang menyukai berhutang sehingga timbul masalah-masalah ekonomi dan sosial. Kebudayaan bangsa Jepang inilah yang bisa kita tiru untuk masa depan kita bersama dan tentunya negara yang lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "Ingin tahu bagaimana cara orang Jepang menabung ?"